Menu

Saturday, April 20, 2019

Uji Validitas Butir


Uji coba instrumen didasarkan pada jenis-jenis instrumen. Jenis instrumen yang dimaksudkan adalah instrumen dikotomi dan politomi.
·         Instrumen Dikotomi
Instrumen dikotomi dapat didefinisikan sebagai intrumen dengan dua kemungkinan skor (0 dan 1). Salah satu jenis instrumen dikotomi pada penelitian adalah tes obyektif. Tes obyektif dikatakan instrumen dikotomi karena kemungkinan skor yang didapat siswa per butir soal adalah 0 atau 1. Jika siswa yang menjawab butir soal dengan benar maka mendapat skor 1, sedangkan jika siswa menjawab butir soal salah maka mendapat skor 0.
Uji validitas butir dilakukan untuk menguji ketepatan instrumen dalam mengukur suatu variabel penelitian. Sebagai analogi, kapak  valid digunakan untuk memotong pohon besar, namun tidak valid digunakan untuk memotong kertas. Sebaliknya gunting valid digunakan untuk memotong kertas namun tidak valid bila digunakan untuk memotong pohon besar. Hal yang sangat perlu diingat pada uji validitas adalah yang diuji valid adalah masing – masing butir instrumen.
Uji validitas butir untuk instrumen dikotomi menggunakan rumus korelasi point biseral sebagai berikut.
Keterangan:
Mp               :Rata- rata skor total dari subyek yang menjawab betul untuk butir yang dicari validitasnya.
Mt                     : Rata-rata skor total
SDt                 : Standar Deviasi skor total
 p                : proporsi siswa yang menjawab benar butir yang dicari validitasnya
q                 : proporsi siswa yang menjawab salah butir yang dicari validitasnya (q = 1-p)
Hasil yang didapatkan (rpbi) selanjutnya dibandingkan dengan rhitung dengan pedoman penarikan kesimpulan adalah
·         Jika rpbi > rhitung maka butir dinyatakan valid
·         Sebaliknya jika rpbirhitung maka butir dinyatakan tidak valid.

·         Instrumen Politomi
Instrumen politomi dapat didefinisikan sebagai instrumen dengan kemungkinan skor per butir yang memiliki banyak kemungkinan skor (tidak hanya 1 atau 0 saja). Pada penelitian instrumen politomi adalah tes essay, angket dan kuisioner.
Uji validitas dilakukan untuk memastikan seberapa baik suatu instrumen digunakan untuk mengukur konsep yang seharusnya diukur. Menurut Sugiyono (2010) untuk menguji validitas dilakukan dengan mengkorelasikan antara skor butir pertanyaan dengan skor totalnya. Rumus yang digunakan untuk menguji validitas instrument adalah Korelasi Product Moment, sebagai berikut.

Kemudian hasil dari rxy dibandingkan dengan nilai kritis product moment (rtabel). Jika hasil yang diperoleh rxy > rtabel  maka butir instrumen yang diuji dinyatakan valid.




No comments:

Post a Comment