Menu

Sunday, April 19, 2020


Apakah kalian pernah memiliki pas photo?. Saya kira semua yang membaca blog ini pernah membuat pas photo. Pernahkah kalian memperhatikan wajah anda yang asli dengan yang di pas photo?. Bagaimana proporsinya?. Tentu saja sesuai ya dengan wajah kalian yang asli.
Wajah kalian yang asli dengan yang di pas photo merupakan salah satu contoh aplikasi dalam konsep kesebangunan. Kata kunci pada konsep kesebangunan adalah PROPORSI atau perbandingan. Jadi dalam geometri yang dalam hal ini adalah kesebangunan pada poligon terdapat konsep yang harus dipegang yaitu sisi yang bersesuaiaan membentuk perbandingan yang sama. Selain itu sudut-sudut yang bersesuaian juga sama besar.
Konsep kesebangunan merupakan konsep umum dari kekongruenan. Kekongruenan adalah kondisi dimana perbandingan dari sisi-sisi yang bersesuaian adalah 1. Sehingga perbandingan pada kesebangunan bisa selain 1 atau sama dengan 1. Hal ini mengindikasikan bahwa kalau dua bangun kongruen sudah pasti sebangun namun kalau dua bagun sebangun belum tentu kongruen.
Pada konsep kesebangunan pada segitiga ada beberapa teori yang dapat dijadikan dasar saat membuktikan dua buah segitiga sebangun atau tidak. Ini dapat dilihat dan didownload pada link berikut [lihat/download].
Untuk menambah pemahaman kalian, berikut terdapat beberapa soal latihan yang dapat dilihat dan didownload pada link berikut [lihat/download].

No comments:

Post a Comment