Menu

Sunday, April 12, 2020

KEKONGRUENAN

Secara sederhana, kekongruenan dapat diartikan sama persis, baik dari bentuk dan ukurannya. Konsep yang paling sering dikaitkan dengan konsep kekongruenan adalah segitiga.
Apabila kita membandingkan dua buah segitiga dimana sudut-sudut bersesuaian sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian sebanding dengan perbadingan sama dengan 1 maka kedua segitiga itu disebut kongruen. Dari definisi dasar ini menyiratkan bahwa jika hanya sudutnya saja yang sama besar maka tidak bisa disimpulkan kongruen, namun bila sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan sama dengan 1 maka otomatis sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Jadi, postulat pertama yang bisa kita ambil adalah untuk membuktikan dua buah segitiga saling kongruen dapat dilakukan dengan membuktikan bahwa ketiga sisi yang bersesuaian sama panjang.
Bagaimana bila yang diketahui dalam soal adalah dua segitiga dimana tidak ketiga sisinya diketahui?. Ada beberapa postulat yang mendukung bahwa untuk membuktikan dua buah segitiga saling kongruen namun dibutuhkan satu atau dua sudut yang bersesuaian sama besar. Untuk lebih jelasnya beberapa postulat lanjutan dapat dilihat dan didownload pada link berikut [lihat/download].

No comments:

Post a Comment